Kamis, 14 April 2011

Siapakah Perempuan-perempuan Laut Udo?


Geoweek, Kompas – SULIT membayangkan sebuah evolusi budaya yang paling tidak umum daripada evolusi yang menyebabkan perempuan-perempuan Udo, sebuah pulau di Korea Selatan, membalikkan struktur sosial. Di pulau itu, perempuan-perempuan Asia mengambil pekerjaan di tempat yang paling rendah di daerah itu, dan dengan melakukannya, mereka menjadi kepala keluarga dan matriarkh keluarga mereka.

Laki-laki menganggap menyelam di lepas pantai untuk mencari makan merendahkan mereka sehingga memilih pekerjaan lain. Tetapi, di kawasan di mana sebagian besar makanan berasal dari laut, kemampuan para perempuan tersebut menyelam memberi mereka kekuasaan.


Mereka belajar menyelam sejak usia delapan tahun dan akhirnya berenang lepas pantai hingga perairan yang mencapai kedalaman 40 kaki (12 meter). Menahan napas hingga selama dua menit, para perempuan itu mencari abalon dan kerang-kerangan lain dari dasar laut sebelum mereka segera muncul ke permukaan untuk menghirup udara segar.

Kebanyakan para perempuan itu kini berusia 50 tahun atau lebih tua. Mereka mengakui bahwa kemampuan menyelam berkurang bersama dengan bertambahnya umur. Turisme ke daerah ini dan pekerjaan bukan menyelam di sana menyebabkan para perempuan penyelam itu tidak lagi menjalani pekerjaan itu tidak lagi menjalani pekerjaan tradisional tersebut, yang mungkin akan membuat sekitar 5.000-an penyelam Udo menjadi kelompok yang berangsur hilang.

GW1345 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...