Jumat, 01 April 2011

Di Manakah Titik Tertinggi di Bumi?


Geoweek, Kompas – KEBANYAKAN orang, ketika ditanyakan pertanyaan ini, akan menjawab : Gunung Everest. Dan, jika dengan “tertinggi” Anda maksudkan sebagai “titik tertinggi di atas permukaan laut”, Anda sangat benar. Dengan ketinggian 29.035 kaki (8.850 meter) Everest adalah gunung tertinggi di Bumi.

Namun, cara lain untuk mendefinisikan “tertinggi” adalah “titik terjauh dari titik pusat Bumi”. Bumi berbentuk bulat,  tetapi sebenarnya agak gepeng dengan bagian khatulistiwa lebih lebar daripada bagian kutub-kutub. Mengukur dari pusat Bumi, lalu dimanakah titik tertinggi?.


Gunung Chimborazo di Ekuador adalah pemenangnya. Gunung berapi jenis stratovulkano ini tingginya 20.565 kaki (6.268 meter). Gunung yang berlokasi di Cordillera Occidental, Andes, ini dianggap sebagai puncak tertinggi sebelum Everest menjadi perhatian utama.

Akan tetapi, pengunjung yang berdiri di puncak Chimborazo tetap dapat mengatakan tempat itu adalah titik dengan ketinggian ekstrem di Bumi. Dengan menggendutnya bagian khatulistiwa, mereka berada 1,5 mil (2,4 kilometer) lebih dekat ke bulan dan lebih jauh dari pusat Bumi dibandingkan dengan orang-orang yang berdiri di puncak Everest. (The New York Times Syndicate)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...