Sabtu, 02 April 2011

Di Manakah Ditemukan Parfum Tertua?


Geoweek, Kompas – MANGKUK-mangkuk tanah liat yang digali dari reruntuhan pabrik tua di Pulau Siprus ternyata mengandung sisa berjenis-jenis parfum. Wewangian ini berasal dari masa 4.000 tahun lalu dan dipercaya merupakan parfum tertua yang pernah ditemukan.

Sebuah analisis isi dari pot memperlihatkan bahwa parfum tersebut terdiri dari ekstrak almon, anis, bergamot, ketumbar, peterseli, cemara dan bahan-bahan lain. Rempah-rempah itu dicampur dengan minyak zaitun dan kemudian didistilasi memakai alat-alat dari tanah liat. Resep-resep untuk membuat berjenis-jenis parfum juga ditemukan di reruntuhan.


Para peneliti tidak terlalu yakin mengenai penggunaan parfum padamasyarakat Siprus kuno, tetapi kebudayaan lain yang mirip dengan kebudayaan Siprus menggunakan parfum untuk kosmetik, obat dan tujuan keagamaan. (The New York Times Syndicate)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...