Kamis, 31 Maret 2011

Hewan Apa yang Serangannya Paling Cepat?


Geoweek, Kompas - SEMUT jenis rahang-perangkap yang hidup di daerah tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan dapat mengatupkan rahangnya dengan kecepatan ledakan. Peghitungan terhadap kecepatan katupan rahang Odontomachus bauri mencapai 145 mil per jam (233 kilometer per jam), lebih cepat 2.000 kali dibandingkan kedipan mata.

Sepasang otot-otot besar di kepala semut tersebut digunakan untuk membuka rahang yang berukuran superbesar itu. Engsel yang dipicu oleh bulu, terletak di dekat dasar rahang, membuat rahang itu menutup dengan suara katupan yang dapat didengar telinga biasa. Kecepatan menakjubkan pengatupan rahang itu menghasilkan tenaga dorong 500 kali lebih besar dari bobot tubuhnya.


Rahang dengan kecepatn pangatupan tinggi itu digunakan untuk memerangkap mangsa dan untuk pertahanan diri. Ketika semut itu mengatupkan rahangnya ke bawah atau ke tubuh lawannya, tenaga yang dihasilkan melontarkan semut itu ke udara seperti kursi lontar pesawat tempur.

Para ahli biologi menggunakan videografi berkecepatan tinggi untuk mencatat dan mengukur kecepatan serangan yang hitungannya milidetik itu. Video tersebut merekam 50.000 gambar perdetik, jauh lebih cepat dari film bergerak yang merekam 24 gambar per detik.

Semut rahang perangkap, Odontomachus bauri, ditemukan di dataran rendah Kosta Rika dan di kawasan tropis Amerika Selatan. Semut berjalan dengan rahang yang terbuka. Mekanisme engsel digunakan untuk memicu rahang itu mengatup. (New York Times Syndicate).


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...