Minggu, 10 April 2011

Di Manakah Terdapat Tawon Terbesar?


Geoweek, Kompas – TAWON dan tabuhan memiliki reputasi sebagai serangga yang agresif. Tabuhan muka gundul dan jaket kuning dikenal sebagai “penggertak” tawon di Amerika Utara, tetapi tidak di Jepang.

Jepang menjadi tempaty tinggal tawon terbesar, tabuhan raksasa. Serangga yang menakutkan ini panjangnya sekitar lima sentimeter (2 inci), bentangan sayapnya 7,6 sentimeter (3 inci) dan memiliki sengan sepanjang 6,4 milimeter (seperempat inci). Untungnya manusia bukan korban favorit mereka.

Tabuhan raksasa berukuran lima kali lebih besar daripada lebah madu, yang diimpor oleh petani Jepang untuk keprluan pertanian. Tabuhan raksasa gemar memburu dan membunuh lebah madu. Seekor tabuhan raksasa dapat membunuh 400 lebah madu dalam semenit.


Satu “geng” tabuhan raksasa akan membabat habis satu sarang yang berisi 30.000 lebah madu. Menggunakan rahang mereka yang masif, tabuhan raksasa ini juga menyerang tawon dan tabuhan lainnya, bahkan serangga yang ukurannya lebih besar, seperti belalang sembah.

Ketika tabuhan raksasa bertemu manusia, akibatnya dapat menyakitkan, terutama untuk manusia, karena tabuhan raksasa menyuntikkan racun melalui alat sangatnya yang dapat melarutkan jaringan tubuh manusia. Disengat tabuhan katanya seperti disuntik dengan jarum panas. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...