Senin, 11 April 2011

Apakah Beruang Kutub Menuju Punah?


Geoweek, Kompas – BERUANG kutub merupakan salah satu penyintas terakhir dan predator terbesar di Bumi. Perenang yang kuat serta pemburu tunggal dan cerdik, makhluk yang menakjubkan ini beradaptasi baik dengan kahidupan Arktik. Meskipun demikian, dengan begitu banyak sifat mengagumkan beruang kutub mungkin sedang menuju kepunahan.

Selama 30 tahun terakhir, efek pemanasan global telah menyebabkan penurunan jumlah laut es di kutub pada musim panas antara 15 persen sampai 20 persen. Beruang kutub menggunakan es di Arktik sebagai tempat berkembang biak, membesarkan anak-anak mereka dan berburu pakan utama mereka, anjing laut. Mencairnya es di kutub menghasilkan pembentukan es lebih, kemudian pada musim gugur dan pencairan es lebih awal pada musim semi. Hal ini memperpendek waktu beruang untuk mencari makan dan berbiak.


Beruang kutub mengakumulasi sebagian besar lemak tubuhnya setiap musim semi dengan memakan anjing laut yang jumlahnya menurun sejalan dengan menurunnya jumlah es kutub. Akibatnya, beruang kutub makan lebih sedikit dan menjadi 10 persen lebih kurus dibandingkan dengan 20 tahun lalu. Kemampuan anak-anak beruang kutub melalui tahun pertama hidup mereka turun dari 65 persen pada tahun 1980-an menjadi hanya 43 persen saat ini.

Kecenderungan ini, ditambah faktor-faktor lain, mendorong Fish and Wildlife Service Amerika Serikat meminta agar beruang kutub dimasukkan dalam kategori “terancam kepunahan” di bawah Undang-Undang Spesies yang Terancam Punah AS. Jika beruang kutub mendapat status resmi “terancam”, mereka dapat menjadi ikon penting dalam mengatasi pemanasan global. (NYTNS)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...