Selasa, 26 April 2011

Di Manakah Teleskop Optis Terbesar di Dunia?


Geoweek, Kompas – TELESKOP Kembar di Keck Observatory di puncak gunung berapi Mauna Kea, Hawaii, selama hampir dua dekade memegang rekor sebagai teleskop optis terbesar dunia. Namun, pada awal tahun 2009 teleskop kembar itu dikalahkan oleh Gran Telescopic Canarias atau GTC.

GTC berada di lokasi 7.874 kaki (2.400 meter) di atas permukaan laut di puncak Kepulauan Canary berharga 180 juta dollar AS dan dimiliki bersama oleh Spanyol, Meksiko dan University of Florida, Amerika Serikat. cermin tersegmentasi GTC yang lebarnya 34 kaki (10,4 meter) itu hanya sedikit lebih lebar daripada teleskop Keck yang lebarnya 33 kaki (10 meter).


Cermin GTC tersusun dari 36 cermin kecil  bersegi enam. Tiap cermin secara individual dikontrol dan dapat diatur sesuai kebutuhan dengan ketepatan berskala nanometer untuk menadikan satu kesatuan seperti selembar gelas.

Sensor dan penggerak yang dikontrol komputer pada tiap potong cermin dapat diatur posisinya ribuan kali perdetik. Penyesuaian yang cermat imi memungkinkan para astronom mengoreksi efek buram dari atmosfer demi mendapatkan pengamatan yang jernih atas obyek yang jaraknya bertahun cahaya dari Bumi.

Cermin-cermin GTC yang bentuknya mirip sarang lebah ini bobotnya ratusan ton. Satu cermin tunggal dengan dimensi yang sama dapat mudah berubah bentuk dan menjadi tak berguna untuk keperluan observasi.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...