Rabu, 27 April 2011

Di Manakah Letak Kekaisaran Ottoman?


Geoweek, Kompas – KEKAISARAN Ottoman (1301-1922) mengontrol daerah sangat luas yang terbentang di tiga benua dan merupakan salah satu kekaisaran tertua dalam sejarah.

Berawal dari beberapa negara bagian kecil di Turki. Kekaisaran Ottoman lahir di Asia Kecil dan secara bertahap menyerap Kekaisaran Bizantium. Dalam waktu satu abad, masyarakat Turki Ottoman beradaptasi dari pejuang nomad menjadi penguasa dari kekaisaran yang sangat besar.


Pada masa puncaknya abad ke-16, Kekaisaran Ottoman termasuk juga Bulgaria, Mesir, yunani, Hongaria, Jordania, Lebanon, Macedonia, Palestina, Romania, Suriah, Turki, sebagian Jazirah Arab, dan sebagian besar kawasan pantai utara Afrika.

Ottoman mempertahankan kekuasannya dengan menggunakan sistem militer berbasis perbudakan, pendidikan yang dijalankan negara dan kehakiman, serta kecenderungan mengembangkan aliansi di antara konstituensi politik dan keagamaan.

Kebanyakan keberhasilan mereka berlangsung tujuh abad dan berada di satu keluarga penguasa. Puncak kejayaan kekaisaran Islam ini adalah pada masa Sulaiman yang Cemerlang (1520-1566). Kesusastraan, seni dan arsitektur berkembang pesat, dan Sulaiman tuntas memperbaiki sistem hukum Turki. Kematiannya menandai dimulainya kemunduran panjang kekaisaran ini.

Pada tahun 1571 orang-orang Ottoman kehilangan sebagian besar kekuatan lautnya karena Spanyol dan Austria dalam pertempuran Lepanto. Perang Russia-Turki dan Yunani pada awal tahun 1800-an semakin memperlemah kekaisaran itu.

Turki yang modern muncul pada tahun 1922 ketika kekuatan nasionalis menggulingkan sultan.Gerakan nasional memperoleh kekuatan setelah Perang Dunia I ketika Perjanjian Sevres di tandatangani pada Oktober 1918, menghapuskan sisa Kekaisaran Ottoman.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...