Senin, 25 April 2011

Di Mana Tiupan Angin Terkencang di Dunia?


Geoweek, Kompas – PUNCAK Gunung Washington, yang berada pada ketinggian 1.916 meter, selama ini dianggap sebagai tempat yang memiliki cuaca terburuk di dunia. salah satu alasannya, pada 12 April 1934, terekam tiupan angin terkencang dengan kecepatan sekitar 372 kilometer per jam di puncak gunung itu.

Namun, ketika para ahli meteorologi meneliti data cuaca ekstrem dari selruh dunia pada awal tahun 2010, mereka menemukan tempat yang tiupan anginnya melebihi rekor Gunung Washington yang telah bertahan selama 60 tahun. Rekor baru itu terjadi pada tahun 1996 ketika topan Olivia menyerang Pulau Barrow, Australia, dengan kecepatan 40 kilometer per jam.


Toh, Gunung Washington tetap memegang rekor cuaca terburuk di dunia karena cuacanya yang ekstrem. Hal itu, antara lain, terlihat saat hujan salju selama 24 jam pada tahun 1964 yang meninggalkan lapisan salju setebal 124,5 cm. rata-rata temperatur di titik itu adalah minus 3 derajat Celsius dan rata-rata salju turun setiap tahunnya setebal 648,5 cm.

Rkstremnya cuaca di Gunung Washington diakibatkan posisi puncak gunung yang menjadi titik persimpangan badai yang datang dari barat menuju timur Amerika dan Kanada. Apalagi, jajaran gunung di New England ikut berperan “menyalurkan” badai yang bergerak menuju puncak Gunung Washington. Alhasil, ada sekitar 100 hari dalam setahun di mana angin bertiup dengan kekuatan topan di tempat itu.

Copyright © 2010 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...