Jumat, 22 April 2011

Di Manakah “Pulau Dino”?


Geoweek, Kompas – DEPOSIT dinosaurus paling kaya di Eropa ditemukan di lokasi yang kelihatannya paling tidak mungkin. Ratusan fosil dinosaurus, termasuk jenis yang tidak ditemukan di tempat lain, digali dari batuan di Isle of Wight, sebuah pulau di England, Inggris. Jumlahnya begitu banyak sehingga pulau berbentuk intan itu dijuluki “Pulau Dino”.

Pada masa Cretaceous dan Jurassic, sekitar 130 juta tahun lalu, Isle of Wight merupakan merupakan bagian dari kepulauan yang dihubungkan oleh jembatan daratan dengan apa yang sekarang adalah Belgia. Pulau itu merupakan bagian dari kompleks sungai di bagian pinggir hutan konifer yang amat luas. Kompleks itu berada lebih ke selatan di wilayah yang sekarang merupakan Afrika Utara.


Rawa dan hutan tua pulau itu, yang rawan banjir dan kebakaran, berkombinasi dengan lingkungan alam subtropis menghasilkan kondisi dan endapan yang cocok untuk mengawetkan tulang. Laut tropis kemudian menutup kawasan tersebut, menambahkan endapan lumpur laut yang akhirnya memadat untuk membentuk lapisan lempung dan batuan kapur penuh berisi fosil.

Isle of Wight pertama kali diketahui sebagai sumber fosil dinosaurus pada masa Victoria ketika Charles Darwin mempelajari deposit yang terbentuk di sana. Ilmuwan modern masih menggali fosil di pulau itu. Dalam beberapa tehun terakhir, sisa-sisa empat jenis dinosaurus baru enam mamalia dari era dinosaurus dan lukisan hewan lain berhasil diidentifikasi.

Di antara spesies dinosaurus yang ditemukan di isle of Weight terdapat “Velociraptor” yang menjadi terkenal karena film Jurrasic Park.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...