Sabtu, 23 April 2011

Di Mana Anda Bisa Memanggang Mamoth?


Geoweek, Kompas – MEMANGGANG daging sapi, ayam, atau babi adalah hal biasa yang dilakukan masyarakat saat ini. Hamburger, hotdog dan sosis menjadi makanan berbahan daging giling saat ini. Namun, situasinya berbeda 32.000 tahun lalu.

Orang-orang Eropa prasejarah juga suka memanggang daging, tetapi mereka membuat daging panggang dalam ukuran sangat besar dengan memanggang mamoth, hewan sepupu gajah yang berasal dari masa prasejarah dan berukuran raksasa serta berbulu.


Para erkeolog di Ceko menggali dapur besar di mana daging mamoth dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam lubang dan ditutup dengan pemanas. Dapur itu menunjukkan tempat pembakaran yang dikelilingi liang-liang untuk merebus, dan mungkin ditutupi oleh struktur yang mirip dengan kemah suku India.

Dapur itu termasuk juga alat-alat dari batu, kerang berhias, batu pemanas, pisau pemotong daging dan barang-barang lain. Pecahan keramik, beberapa dengan sidik jari masih terlihat pada peralatan itu, dan manik-manik hiasan juga digali, sehingga membuat para ahli spekulasi bahwa dapur itu mungkin juga untuk keperluan ritual.

Selain sisa-sisa mamoth, lokasi pemanggangan dari zaman prasejarah itu juga menyimpan sisa-sisa rubah Arktik, kuda, kelinci, rusa dan serigala.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...