Kamis, 21 April 2011

Di Manakah Kubah Batu Berada?


Geoweek, Kompas – PENANDA kota paling nyata di bagian kota tua Jerusalem adalah kuba masjid berlapis emas milik umat Muslim, Kubah Batu. Kubah ini san kubah keperakan yang lebih kecil dari Masjid Al Aqsa menempati Haram esh Sharif, tempat yang dulu merupakan lokasi kenisah orang Yahudi, Sulaiman, dan Herodes.

Kubah Batu mendapatkan namanya dari batu di mana bangunan itu didirikan. Batu yang dipandang suci oleh kaum Muslim itu diyakini sebagai tempat Nabi Muhammad SAW melakukan Isra’ dan Mi’raj. Menurut tradisi orang Yahudi, batu itu juga tempat Ibrahim akan mengurbankan anaknya, Ismail.


Bangunan itu aslinya dibangun pada abad ke tujuh oleh Khalifah Abdul al-Malik. Kubah itu direnovasi oleh Raja Hussein dari Jordania pada awal 1990-an. Saat renovasi oleh itulah kubah dilapisi dengan 5.000 lembar tembaga berlapis emas.

Jerusalem tua adalah tempat suci untuk tiga agama monoteis. Di sisi bawah Kubah batu terdapat Tembok Ratapan, reruntuhan barat Kenisah Kedua milik penganut Yudaisme. Tembok itu menjadi tempat orang Yahudi dari seluruh dunia berdoa.

Di dekatnya ada Gereja Makam Suci yang menurut kepercayaan sebagian orang Kristiani berdiri di atas makan Yesus yang kemudian bangkit kembali.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...