Kamis, 28 April 2011

Di Manakah Pegunungan Pyrenees?


Geoweek, Kompas – SEBAGIAN besar wilayah barat Benua Eropa, yaitu Semenanjung Iberian, terpisah dari Perancis ileh rangkaian pegunungan yang dinamakan Pyrenees. Nama Pyrenees cukup populer karena kerap muncul dalam rute balap sepeda tour de France.

Pegunungan Pyrenees terbujur dari Teluk Biscay kearah tenggara sejauh 425 km menuju Laut Mediterania. Wilayah timur dan barat pegunungan tersebut. Menandai batas-batas politik dan budaya yang penting.


Di Pyrenees bagian barat terdapat Basque, yang terletak di timur laut Spanyol dan barat daya Perancis. Basque merupakan komunitas etnis yang mendiami kawasan itu sejak masa pra-Romawi. Di bawah konstitusi Spanyol tahun 1978, Basque, yang terus menyuarakan kemerdekaan itu, emiliki pemerintahan otonomi.

Adapun Pyrenees bagian timur tedapat Catalonia, sudut historis spanyol yang pernah menjadi koloni Yunani dan Carthaginian. Di bagian tengah pegunungan Pyrenees terletak Andorra yang luasnya 460 kilometer persegi, yang merupakan salah satu Negara termungil di dunia. Selain di kenal sebagai daerah tujuan wisata, Andorra juga merupakan tempat berlindung para pembayar pajak. Warga Andorra umumnya memiliki umur panjang dengan tingkat harapan hidup tertinggi kedua du dunia, yaitu 82 tahun.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

1 komentar:

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...