Minggu, 24 April 2011

Bagaimana Kepiting Membunuh Burung?


Geoweek, Kompas – BURUNG red knot, sejenis burung kedidi, yang biak di Kanada dan melalui musim dingin dengan terbang ke Amerika Selatan, emlakukan migrasi terpanjang dibandingkan dengan semua jenis burung. Mereka menempuh perjalanan sejauh 10.000 mil (16.000 km), termasuk berhenti di Teluk Delware.

Ketika berhenti di Teluk Delware burung-burung itu menikmati santapan sedap, yaitu horseshoes-crab (Limulus polyphemus). Burung red knot bisa tiap tahun bersamaan dengan saat Limulus memijah, lalu memakani telur itu sebelum melanjutkan terbang ke selatan. Telur itu menyediakan nutrisi yang sangat penting mempertahankan bobot tubuh, faktor penting untuk memastikan keberhasilan migrasi jarak jauh itu.


Selain menjadi pakan red knot. Limulus juga merupakan umpan populer untuk penangkapan ikan komersial. Pada akhir 1990-an ekor menjadi dua juta ekor per tahun, populasi red knot anjlok drastis.

Pembatasan untuk pemanenan kepiting tersebut yang diberlakukan pada 1997, kemudian dicabut. Upaya oleh badan perlindungan alam pusat dan negara bagian Amerika Serikat untuk melindungi red knot dan Limulus polyphemus kini terus dilakukan.

Sampai ada upaya perlindungan lebih jauh terhadap wilayah tempat mereka mencari makan di Teluk Delware, red knot akan terus terancam keberadaannya

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...