Selasa, 05 April 2011

Apakah Patroli Es Internasional?


Geoweek, Kompas – KAPAL RMS Titanic, dalam perjalanan pelayaran perdana dari Southampton, Inggris ke New York, menabrak gunung es yang terapung di bagian selatan Grand Banks dan tenggelam, 15 April 1912. kematian yang dasyat akibat musibah ini, merenggut 1.517 nyawa dari total 2.223 penumpang dan awak kapal, akhirnya mendorong pembentukan Patroli Es Internasional.

Beberapa tahun setelah musibah Titanic, kapal dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Penjaga Pantai AS dikirim untuk mengenali dan menjejaki gunung-gunung es di sekitar Grand Banks. Tahun 1915, Konferensi Internasional Keselamatan Hidup di Laut (Safety of Life Sea atau SOLAS) yang pertama resmi membentuk pengamatan es dan layanan patroli es yang dikenal sebagai Patroli es Internasional. Patroli es itu dikelola oleh Penjaga Pantai AS sejak kelahirannya, meskipun sampai tahun 1936 Kongres AS belum mengesahkan peraturan yang memberi wewenang kepada pasukan penjaga pantai menangani patroli itu.


Mulanya kapal digunakan sebagai alat utama untuk mengamati dan menelusuri keberadaan es. Setelah Perang Dunia II, dibentuk patroli udara menggunakan berbagai pesawat terbang dan patroli air secara bertahap dihentikan. Tetapi, kapal-kapal tetap dibutuhkan selama tahun-tahun hujan es hebat atau saat pendeknya jarak pandang memaksa awak pesawat tidak dapat terbang.

Biaya operasional patroli es ditanggung beberapa negara berdasarkan persentase total tonasi kapal yang melewati zona patroli setiap tahun. Sekarang, patroli beroperasi sampai diluar St John’s, Newfoundland, dengan menggunakan pesawat HC-130. Awak pesawat tetap terus sibuk. Setiap tahun lebih dari 10.000 gunung es terpecah dari sungai es di pantai barat Greenland dan dibawa arus sehingga masuk dalam jalur pelayaran di Atlantik Utara. (NYTNS)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...