Jumat, 08 April 2011

Apakah Kapal Tertua Telah Ditemukan?


Geoweek, Kompas – SISA-sisa kapal berusia 4.000 tahun, kapal tertua yang menjelajahi lautan dunia, telah ditemukan di goa-goa dekat Laut Merah. Keenam goa buatan manusia itu digali di Wadi Gawasis, sekitar 13 mil (21 kilometer) selatan Pelabuhan Safaga. Kapal itu mungkin merupakan salah satu dari beberapa kapal yang digunakan Ratu Mesir Hatshepsut untuk ekspedisi perdagangan ke selatan Laut Merah pada masa sekitar 1500 SM.

Para arkeolog menemukan papan-papan dan kayu-kayu dek, dayung kotak-kotak kargo, jangkar-jangkar batu, pot-pot tembikar, dan gulungan tali yang masih utuh di dalam goa itu. Kondisi papan-papan kayu dan artefak lain tersebut mengindikasikan bahwa orang-orang Mesir tampaknya membawa kapal-kapal itu dalam bentuk kepingan sejauh 90 mil (145 kilometer) dari padang pasir terbuka menuju Laut Merah, di mana kemudian kapal tersebut dirakit menjadi kapal utuh.


Huruf hieroglif pada pot tembikar dari goa tersebut memperlihatkan detail ekspedisi perdagangan ke Punt. Punt, atau Tanah Tuhan, merupakan pusat perdagangan yang misterius dari mana orang-orang Mesir memperoleh dupa dan barang-barang berharga lainnya. Para akademisi selama bertahun-tahun memperdebatkan letak Punt serta bagaiman orang-orang mesir pergi dan pulang dari tempat yang menjadi dogeng itu.

Bukti-bukti di kepingan kayu dek yang ditinggalkan oleh cacing kapal memperlihatkan kapal itu melakukan perjalanan laut sejauh 2.000 mil (3.200 kilometer). Jarak itu akan menempatkan Etiopia atau Yaman sebagai Punt dan menguatkan teori bahwa perjalanan ke Punt dilakukan melalui laut, bukan darat. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...