Kamis, 07 April 2011

Apakah Harimau Kumbang Florida Kekurangan Ruang?


Geoweek, Kompas – HARIMAU kumbang Florida adalah salah satu dari sekitar 30 subspesies singa gunung Amerika, yang juga dikenal dengan nama cougar atau puma. Pada tahun 1500-an singa gunung hidup di seluruh Benua Amerika, mulai dari ujung Cile hingga daerah Yukon di Kanada. Pada saat yang sama, harimau kumbang (panther) Florida tinggal di tenggara Amerika Serikat.

Harimau kumbang Florida saat ini, tubuhnya sedikit lebih kecil dari saudara mereka di bagian barat, adalah satu-satunya cougar yang ditemukan di bagian timur Sungai Mississippi. Hanya tinggal 70 harimau dewasa di bagian barat daya Florida sehingga hewan ini merupakan salah satu hewan paling terancam punah dari muka bumi.


Lapangan-lapangan golf, pengkaplingan lahan, dan berbagai pembangunan lain perlahan-lahan menyusutkan jumlah harimau kumbang itu. Lahan terbuka sangat penting untuk harimau kumbang bertahan hidup. Rusa dan babi hutan merupakan 70 persen diet mereka. Dengan semakin menipisnya jumlah dua hewan tersebut, harimau kumbang beralih ke hewan ternak dan binatang peliharaan sebagai mangsa. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pada penduduk kawasan tersebut.

Beberapa harimau kumbang dipidah paksa dari daerah itu karena menyerang hewan ternak dan binatang peliharaan. Lebih banyak lagi yang terbunuh tiap tahun oleh mobil. Petuga yang bertanggung jawab atas satwa liar kini mempertimbangkan untuk meneraplkan pendidikan “interaksi manusia-harimau kumbang” yang mirip dengan yang di terapkan di negara-negara bagian barat di mana populasi puma masih tinggi.

Cougar dewasa beratnya 80-130 pon (30-80 kg), tingginya 2-2,5 kaki (60-76 cm), dan panjangnya 5-8 kaki (1,5-2,4 meter) dari hidung hingga ujung ekor. (NYTNS)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...