Selasa, 12 April 2011

Apakah Biri-biri Australia Memiliki Bulu Emas?


Geoweek, Kompas – UNTUK mereka yang sedikit pengetahuan mengenai biri-biri, biri-biri jenis Saxon Merino yang dibiakkan di Australia kelihatan seperti biri-biri biasa. Tetapi mereka yang terlatih, mengetahui bedanya. Jenis biri-biri khusus ini hanya dipelihara di kawasan selatan Australia yang mendapat jumlah curah hujan cukup banyak, seperti kawasan Tasmania dan kawasan yang lebih basah dan dingin, seperti Victoria dan New South Wales.

Di sana mereka berkembang dan menghasilkan wol berkualitas tinggi yang amat lembut berwarna putih cerah, dan berdiameter tiap helai bulunya seperlimabelas helai rambut manusia. Hewan ini kecil, dan seperti domba. Memiliki tanduk berulir yang melengkung. Tiap ekor biri-biri Merino menghasilkan 8,8-11 pon (4-5 kilogram) bulu pada tiap kali musim cukur.


Wol Merino dicari oleh setiap perancang busana, terutama di dunia untuk membuat pakaian dan jas yang paling mahal. Wol ini begitu berharga sehingga satu bal wol Saxon Marino harus disimpan dalam lemari besi terkunci karena harganya dapat mencapai 500.000 dolar AS. (NYTNS)

GW1330 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...