Senin, 21 Maret 2011

Negara Mana yang Dikenal sebagai Atap Dunia?


Geoweek, Kompas - LEBIH dari seperempat daratan Kerajaan Nepal , satu-satunya kerajaan Hindu di dunia, berada pada ketinggian lebih dari 10.000 kaki (3.000 meter). Negara yang luasannya kecil ini, kira-kira sebesar Negara Bagian Kansas si Amerika Serikat , memiliki delapan dari 10 puncak gunung tertinggi di dunia. Karena itu Nepal dijuluki “atap dunia”.

Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 29.028 kaki (8.848 meter), oleh orang Nepal disebut Sagarmatha (Ibu Jagat Raya). Everest adalah permata mahkota pegunungan Himalaya, rangkaian gunung-gunung yang membentang sepanjang 1.800 mil (2.897 kilometer) di tengah –selatan Asia.


Pada tahun 1953, pendaki gunung asal Selandia Baru, Edmund Hillary dan pendaki asal Nepal, Tenzing Norgay menjadi orang-orang pertama mencapai puncak Everest.

Pencapaian keduanya membantu membukakan pengetahuan dunia terhadap bangsa yang tersebunyi itu. Hillary meninggal awal tahun 2008 pada usia 88 tahun dan Norgay tahun 1986 pada usia 72 tahun.

Bertahun-tahun setelah pencapaian Hillary dan Norgay, Nepal menjadi kiblat turisme komersial untuk pendaki gunung. Meskipun demikian, hamper sepertiga orang Nepal hidup dibawah garis kemiskinan. (The New York Times Syndicate).


Copyright © 2008 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...