Selasa, 22 Maret 2011

Apa yang Membunuh Gajah Purba?


Geoweek, Kompas - MASTODON dan mamoth merupakan gajah purba yang menghuni bumi selama jutaan tahun sebelum tiba-tiba punah pada zaman es sekitar 10.000 tahun lalu. Mereka bermigrasi ke Amerika Utara melalui jembatan daratan Bering jauh sebelum manusia sampai di Amerika Utara dengan memakai jalan yang sama.

Tidak lama setelah manusia pertama tiba di Amerika Utara, mastodon dan mammoth menghilang, sebuah misteri yang terus membingungkan para ilmuwan. Penelitian baru mengungkap bukti bahwa pendemi penyakit tuberculosis (TBC) pada hewan mungkin penyebabnya.


Ilmuwan yang mempelajari fosil mastodom Amerika Utara menemukan tanda-tanda TB pada lebih dari separuh tulang yang mereka periksa. Tuberkolosis adalah bakteri yang menginfeksi paru-paru, tetapi dapat juga menyebabkan jejas pada tulang yang menimbulkan bekas yang unik. Keberadaan TB pada fosil dengan persentase begitu tinggi mengindikasikan bahwa penyakit ini menyebar luas.

Mamaoth, mastodon dan mamalia besar lain mungkin membawa TB itu bersama mereka ketika bermigrasi dari Asia. Pandemic TB tidak serta merta langsung membuat punah gajah purba itu, tetapi mungkin melemahkan daya tahan tubuh mereka.

Perburuhan berlebihan oleh manusia serta perubahan iklim tampaknya juga menyumbang punahnya makhluk menakjubkan ini.  (The New York Times Syndicate).


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate
 Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...