Sabtu, 26 Maret 2011

Di Manakah Para “Prajurit Awan” Tinggal?

Geoweek, Kompas - CHACHAPOYA adalah sebuah peradaban kuno yang tinggal di benteng-benteng kota di puncak Pegunungan Andes di wilayah Peru dari tahun 800 hingga pertengahan 1.500 M. hanya tersisa sedikit dari kebudayaan mereka, kecuali beberapa mumi yang masih terawetkan dengan baik, puing-puing benteng yang terserak dan cerita tentang kerasnya perlawanan mereka terhadap pengaruh Kekaisaran Inca.

Orang-orang Chachapoya membangun rumah-rumah berbentuk bulat dan memperkuat strukturnya di sepanjang punggung dan puncak-puncak pegunungan yang diselimuti oleh kabut di tempat yang tinggi itu. Cerita popular dari masa itu menyebutkan para penghuni bukit yang menjadi kuat akibat peperangan tersebut sebagai “pejuang awan”.


Meskipun mereka mati-matian mempertahankan tempat tinggal, peradaban Chachapoya akhirnya jatuh ke tangan Kekaisaran Inca yang lebih besar dan canggih sesaat sebelum penjajah Spanyol sampai di Peru.

Penemuan terbaru struktur batu yang luas untuk upacara mungkin dapat mengungkap upacara kebudayaan yang misterius itu. Ditemukan oleh para petani di dekat apa yang dulunya merupakan tepi timur kawasan Chachapoya, batu berbentuk persegi panjang tersebut memiliki tiga tingkatan. Tingkat yteratas berisi sisa rumah-rumah atau rumah upacara dan sebuah plaza batu yang luas memanjang dari satu sisinya.

Struktur upacara memiliki panjang 200 kaki (70 m), lebar 100 kaki (35 m) dan lebar 24 kaki (7 m). Plaza ini ukurannya kira-kira sebesar lapangan bola dan berada di atas dinding batu yang tingginya 12 kaki (3,5 m). (The New York Times Syndicate).


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...