Jumat, 25 Maret 2011

Dapatkan Paus Pembunuh Puget Sound Diselamatkan?


Geoweek, Kompas - TIGA kelompok paus pembunuh yang menjadikan Puget Sound di Negara Bagian Washington, AS, sebagai rumah mereka berada dalam kesulitan. Jumlah mereka merosot lebih dari 20 persen sejak tahun 1990-an karena beberapa hal : penurunan drastic jumlah makanan kesukaan mereka, yaitu salmon Chinook, ditambah perairan yang terpolusi, pemanasan global dan ributnya suara kapal di perairan selat yang sibuk itu. Kombinasi semua hal tersebut menjadi pembunuh untuk paus pembunuh.

Setelah manusia, paus pembunuh, juga disebut orca adalah mamalia yang paling tersebar di permukaan Bumi. Dua jenis orca menempati laut-laut di seluruh muka Bumi. “Paus” hitam putih yang indah ini menjadi tujuan kesayangan para turis dan menarik minat semua orang tanpa pandang bulu.


Orca Puget Sound mendapat perlindungan Pemerintah Federal Amerika Serikat tahun 2007 lalu ketika mereka dimasukkan dalam daftar “terancam” oleh National Marine Fiseries Service. Pejabat federal juga mengajukan usulan pembatasan pembangunan hamper di sebagian besar selat itu sebagai upaya menyelamatkan paus ini.

Menurut Pusat Riaset Paus, jika kecenderungan saat ini terus berlangsung, orca di Puget Sound akan sulit pulih populasinya.

Paus pembunuh bukan benar-benar paus, tetapi merupakan lumba-lumba dari jenis terbesar. Paus dewasa bobotnya dapat mencapai hingga 8 ton dan panjangnya 25 kaki (7,6 meter). Yang betina dapat mencapai usia 80-an tahun. (New York Times Syndicate)
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...