Minggu, 27 Maret 2011

Di Manakah Negara Terkecil?


Geoweek, Kompas - DI jantung kota Roma, di sebuah bukit di atas Sungai Tiber, terdapat sebuah negara berdaulat yang dikenal sebagai “Negara Kota Vatikan”. Negara terkecil di dunia, Vatikan, juga merupakan salah satu lokasi yang paling dipuja di dunia.

Vatikan atau Takhta Suci, dalah tempat resmi Gereja Katolik Roma dan tempat tinggal pemimpinnya, Uskup Roma atau Paus. Uskup Roma saat ini Paus Benediktus XVI memerintah kota-negara ini dalam sistem monarki absolut, meminpin seluruh kekuasaan legislatif, eksekutif dan pengadilan.


Enklave betembok ini berukuran 0.17 mil persegi (0.44 km persegi), kurang dari seperempat ukuran Central Park di New York. Titik pusat kota-negara ini adalah salah satu bangunan religius paling dikenal di dunia, Basilika Santo Petrus.

Lokasi bersejarah lain, Kapel Sistine, adalah bagian dari rumah tinggal resmi Paus dan dihiasi lukisan di langit-langit kapel yang legendaris karya Michelangelo.

Vatikan adalah satu-satunya yang tertinggal dari beberapa negara kepausan, yang lainnya telah menjadi bagian dari Italia pada tahun 1860. negara merdeka ini ditetapkan melalui perjanjian pada tahun 1929, sebuah warisan Kristen milik Vatikan yang berasal dari abad ketiga Masehi, ketika gereja pertama dibangun di atas kuburan tradisional Santo Petrus. (New York Times Syndicate).


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...