Selasa, 01 Februari 2011

Di Manakah Rumah Setan?


Geoweek, Kompas – ORANG Tibet menyebut tempat itu sebagai rumah-rumah setan, tetapi baik mereka maupun orang Barat yang mengunjungi tempat itu tidak mempunyai petunjuk siapa yang membangun bangunan-bangunan tersebut dan mengapa. Tersebar di antara perbukitan di China dan Tibet di kawasan seluas negara bagian Texas sebanyak 200 menara batu berdiri tegak di bukit yang curam dan berdiri di dasar lembah.

Dibangun berabad-abad tahun lalu dan tingginya kira-kira setara dengan tinggi gedung berlantai 15, umur raksasa penjaga ini setidaknya ratusan tahun ini setidaknya ratusan tahun jika tidak ribuan tahun. Seorang arkeolog amatir, Frederique Darragon, membuat catatan mengenai struktur ini pada tahun 2003 yang justru menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada memberi jawaban.


Penduduk yang tinggal di kawasan bangunan tersebut tidak bisa menjelaskan sejarah keberadaan menara batu tersebut. Mungkin bangunan itu semula adalah menara penjaga untuk mengawasi kedatangan para penyerbu. Mungkin banguna itu tadinya benteng untuk berlindung dari serangan musuh, atau bahkan bahkan kandang untuk mengurung hewan peliharaan di pegunungan sekitar. Namun, yeng lain berpendapat bahwa bangunan itu hanya merupakan tanda kekayaan dari pemiliknya, sebuah cara pamer untuk membedakan mereka dari penduduk lain.

Banyak bangunan itu berbentuk bintang dengan 8 atau 12 titik, sebuah desain yang mungkin menyumbang terhadap usia panjang mereka. Bangunan itu tampaknya memberi stabilitas jangka panjang di kawasan yang sering di landa gempa bumi.. (NYTNS)

GW1223 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...