Minggu, 30 Januari 2011

Apakah Ikan Pari Berbahaya?


Geoweek, Kompas – KEMATIAN tragis naturalis Steve Irwin, yang meniggal karena tertusuk duri ekor pari tepat di jantungnya, telah menarik perhatian orang pada pari, sepupu jinak dari ikan hiu ini. Irwin dikenal di seluruh dunia sebagai “Pemburu Buaya” dan kerap membuat film mengenai makhluk beracun dan berbahaya dalam jarak dekat dan secara peronal.

Irwin sedang menyelam dengan seorang juru kamera di atas seekor pari bull ray di Karang Penghalang Besar, Australia, ketika dia serang. Syangnya, sejumlah ikan pari lalu di bunuh di daerah Queensland setelah kematian Irwin, tampaknya dilakukan para penggemar Irwin yang salah pengertian mengenai pari.


Kebanyakan dari hampir 100 jenis, pari dapat menyebabkan sengatan yang menyakitkan dengan duri beracun yang terletak pada sepertiga dari pangkal ekor mereka yang panjang seperti cambuk. Sebetulnya, mereka lebih memilih melarikan diri daripada bertarung, tetapi akan menyerang apabila merasa terancam.

Sebagian besar pari senang berada di perairan dangkal. Itulah sebabnya banyak pari yang sering terinjak orang saat sedang mengubur diri di pasir. Luka kecil yang disebabkan oleh pari kerap terjadi, tetapi tidak menyebabkan kematian. Selama 10 tahun terakhir, hanya ada 17 kematian yang disebabkan pari dilaporkan dari seluruh dunia. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...