Rabu, 16 Februari 2011

Di Mana Teluk Terbesar di Dunia?


Geoweek, Kompas – TELUK Bengali adalah petak segitiga yang membentuk sudut di timur laut Samudra Hindia dan merupakan teluk terbesar di dunia. bagian “mahkota”-nya merupakan delta raksasa di mulut Sungai Gangga, yang membentuk batas wilayah dengan Banglades.

Berbatasan dengan India dan Sri Lanka di sebelah barat dan dengan Myanmar serta kepulauan Andaman-Nicobar di sebelah timur, luas permukaan Teluk Bengali sekitar 2.12.000 kilometer persegi.

Teluk Bengali memiliki ekosistem laut yang terbesar dan paling beragam di dunia. terumbu karang, muara-muara dan hutan bakaunya dihuni puluhan spesies burung, ikan, mamalia, moluska dan penyu. Sementara wilayah pesisirnya kaya dengan sumber minyak bumi, gas alam dan mutiara.

Titik terdalam Teluk Bengali mencapai 4.694 meter, sedangkan kedalaman rata-rata adalah 2.600 meter. Pada Desember 2004, gempa berkekuatan 9,3 skala Richter di pesisir Sumatera memunculkan tsunami yang menewaskan lebih dari 250.000 orang di sekitar Teluk Bengali. Kejadian itu merupakan salah satu bencana alam terburuk sepanjang sejarah.

Copyright © 2010 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...