Senin, 14 Februari 2011

Apakah “Kangguru Pembunuh” Pernah Hidup di Australia?


Geoweek, Kompas – PARA peneliti yang bekerja di barat laut Australia, setelah melakukan penggalian, berhasil menemukan fosil dari jenis makhluk kuno yang aneh, termasuk kangguru pemakan daging dan makhluk-makhluk aneh lain. Dalam ekspedisi ke lapangan fosil di Riversleigh pada Juli 2006, tim itu menggali tulang belulang dari tak kurang 20 jenis makhluk yang sebelumnya tidak dikenal.

Kangguru pemakan daging berbeda dari kangguru versi saat ini. Mereka tidak melompat, tetapi gerakannya lebih mirip mencangklong, menggunakan sepasang tangan depan yang besar dan kuat. Beberapa hewan berkantong (marsupil) ini juga memiliki taring seperti serigala. Gambaran itu berbeda jauh daripada gambaran kangguru modern yang lucu dan kelihatan dapat disayangi.


Juga ditemukan di dalam temuan beragam itu sejenis singa marsupial dan burung raksasa yang oleh ilmuwan dijuluki “bebek setan petaka”.

Riversleigh, yang ada di Negara Bagian Queensland, adalah kantong harta untuk para paleontologis. Lokasi itu dimasukkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1994 dan depositnya, kuburan sisa-sisa hutan hujan dari masa prasejarah, yang berusia 20 juta tahun telah menghasilkan lebih dari 250 lokasi yang padat dengan deposit fosil tumbuhan dan hewan yang beragam (NYTNS).

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...