Sabtu, 12 Februari 2011

Apakah Litosfer?


Geoweek, Kompas – ILMUWAN membagi sistem Bumi yang kompleks dan saling berhubung ke dalam emapt kelompok atau sphere. Keempat kelompok itu, yaitu atmosfer, hidrosfer, litosfer, dan biosfer, menentukan proses alamiah di planet Bumi. Kali ini, kita akan menyelidiki litosfer.

Litosfer termasuk dalam kerak Bumi dan bagian teratas mantel Bumi. Ketebalan sangat bervariasi dari sekitar 3 mil (5 km) sampai 65 mil (100 km). Kerak ini, cangkang rapuh yang tersusun dari lempengan tektonik yang mengapung pada mantel Bumi, terbagi menjadi dua bagian ; kerak benua yang lebih tebal dan kerak samudra yang lebih tipis.

Terfragmentasi menjadi tujuh lempeng tektonik utama dan 12 lempeng yang lebih kecil, kerak ini mengapung di atas masa semipadat pada mantel bagian atas. Mantel yang lebih bawah, keadaannya lebih plastis, dalamnya sekitar 1.800 mil (2.900 km), lalu bergabung dengan inti Bumi yang cair.

Sebagian besar aktivitas gunung berapi Bumi terjadi di sepanjang lempeng-lempeng tektonik. Punggung bukit samudra yang luas memisahkan lempeng-lempeng, sementara beberapa lempeng sa;ing bertabrakan di daerah subduksi di mana kejadian kegunungberapian dan kegempaan kerap terjadi.

Litosfer mengisi lebih 80 persen volume Bumi, kebanyakan tersembunyi dari pandangan makhluk yang hidup di atau dekat permukaannya.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...