Selasa, 08 Februari 2011

Apa Sajakah Empat Bidang Lingkungan?


Geoweek, Kompas – BUMI adalah sebuah kompleks yang terdiri dari banyak sistem dan proses yang berhubungan. Untuk membantu memahami sistem yang begitu beragam, ilmuwan membagi sistem itu ke dalam empat grup berbeda atau empat bidang lingkungan.

Keempat bidang lingkungan tersebut adalah atmosfer, hidrosfer, litosfer dan biofer, dinamai mengikuti penamaan Yunani untuk “udara”, “air”, “batu”, dan “kehidupan”. Ketika di kombinasikan, mereka mencakup seluruh proses alamiah di planet Bumi.


Atmosfer bermula pada permukaan Bumi dan berlanjut ke ruang angkasa. Sungai-sungai, danau-danau, air tanah, sungai es dan es di kutub menyusun hidrosfer. Litisfer mencakup inti selimut, dan kerak Bumi. Semua makhluk hidup menyususn biosfer. Keempat bidang itu saling memiliki aktivitasnya sendiri dan sekaligus bergantung satu sama lain, memiliki ratusan sistem dan proses yang lebih kecil. Contohnya, sebagian prose kehidupan di Bumi ditemukan dalam kisaran relatif sempit yang mengandung bagian-bagian dari tiap bidang. Awal dari bawah permukaan tanah dan mencakup sampai sekitar 100 kaki (30 meter) di atas permukaan tanah, ditambah 600 kaki (200 meter) daerah perairan.

Tiap-tiap bidang akan dibahas dalam terbitan Geoweek yang akan datang.

Copyright © 2009 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...