Kamis, 27 Januari 2011

Di Mana Anda Bisa “Melangkah di Atas” Grand Canyon?


Geoweek, Kompas – MENGAPUNG di atas pemandangan alam, seperti seekor burung atau kupu-kupu, adalah jenis sensasi yang normalnya berada di alam mimpi. Atraksi wisata Grand Canyon yang baru sengaja menawarkan pengalaman serupa, walaupun salah satunya diharapkan oleh para pemilik atraksi itu dapat mengubah mimpi menjadi uang tunai yang membanjir.

Skywalk adalah jalur transparan sepanjang 70 kaki (21 meter) yang menjulur dari pinggir selatan Grand Canyon. Dibuat dari kaca dan baja, jalan seharga 40 juta dollar Amerika Serikat (AS) itu memungkinkan pengunjung berjalan-jalan di atas ngarai sehingga bisa memandang seperti penglihatan mata burung di atas Sungai Colorado yang berada sekitar 4.000 kaki (1.220 meter) di bawah.


Balok penopang kembar untuk jalan berbentuk “U” itu disusun dari satu juta pounds (454.000 kilogram) baja. Tiang peyangga yang menjorok ke tengah ngarai itu menyokong 180.000 pounds (81.647 kg) lantai kaca Skywalk yang mirip jendela dan sisi-sisi papan.

Skywalk adalah puncak rencana ekonomis yang diharapkan suku asli Amerika, Hualapai, yang jumlahnya kecil, dapat menarik wisatawan dan pemasukan ke tempat mereka yang terpencil. Tetapi, yang lain mengkhawatirkan struktur bangunan dan pembangunan selanjutnya bakal merusak wajah dan menurunkankualitas pendana lingkungan yang bersejarah itu. (The New York Times Syndicate)

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...