Minggu, 16 Januari 2011

Bagaimana Fosil Laut Bisa Berada di Punggung Pegunugan Hawaii?


Geoweek, Kompas – PARA ahli geologi terus bertanya-tanya selama bertahun-tahun, bagaimana sebuah lapisan tebal cangkang mahkluk laut dan patahan-patahan koral bisa terbentuk di punggung gunung berapi Kohala di Big Island, Hawaii.

Beberapa peneliti sebelumnya percaya bahwa endpan tersebut mencapai ketinggian hingga separuh lereng gunung karena gunung di pulau itu terangkat naik. Tetapi, kini mereka tahu bahwa bagian pulau di mana Gunung Kohala berada sesungguhnya terbenam sebanyak satu inci setiap 10 tahun, dan lapisan kerang-kerangan itu menandai peristiwa bencana besar masa lalu.


Analisis menunjukkan cangkang kerang-kerangan tersebut berasal dari masa 120.000 tahun lalu, bertepatan dengan longsoran raksasa yang rontok dari lereng gunung berapi Mauna Loa di dekatnya. Para ilmuwan berteori bahwa longsoran itu menyebabkan tsunami besar dengan akibat terbentuknya tembpk air setinggi sepertiga mil (setengah kilometer) yang bergerak dengan kecepatan 3,7 mil (6 kilometer) ke arah daratan dan naik hingga ke lereng Kohala, dan membawa bersama gelombang air laut itu, kerang-kerangan dan materi laut lainnya.

Apa yang mencemaskan para peneliti itu adalah bahwa bukti-bukti geologis memperlihatkan bahwa longsor seperti itu merupakan peristiwa periodik di kawasan tersebut, dan bahwa longsor-longsor tersebut cenderung terjadi pada masa permukaan laut sedang tinggi, seperti saat ini. Mereka juga cemas bahwa peristiwa ini bisa terjadi di bagian mana pun di dunia di mana gunung berapi berada di tepi lau. (NYTNS)

GW1304 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...