Minggu, 23 Januari 2011

Apakah “Lebah Pembunuh” Masih Jadi Ancaman?


Geoweek, Kompas – LEBAH madu bukanlah hewan asli Amerika. Orang Eropa membawa lebah tersebut ketika ketika melakuka eksplorasi dan menjajah daerah Amerika Utara dan Selatan. Dikenal sebagai lebah madu eropa. Keturunan lebah itu kini menjadi bagian penting dari pertanian dan perdagangan di Amerika.

Sementara itu “lebah pembunuh” adalah sebutan yang diuraikan dalam berbagai media terhadap lebah madu asli Afrika yang dibawa dari Afrika bagian Selatan ke Brasil pada tahun 1950-an. Lebah madu Afrika merupakan jenis yang sama dengan lebah Eropa, tetapi ukurannya sedikit lebih besar dan merupakan subspesies yang jauh lebih agresif. Lebah Afrika memiliki sifat melindungi koloni mereka dengan sangat agresif. Mereka menyerang dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan lebah Eropa dan dapat dengan mudah terpancing jika sarang mereka diganggu.


Oleh karena sifat pertahanannya yang kukuh itu, lebah Afrika menjadi berbahaya bagi orang-orang yang alergi dengan sengatan hewan ini atau mereka yang memiliki keterbatasan menyelamatkan diri dari serangan lebah. Anak kecil, orang tua dan orang cacat jasmani adalah kelompok yang sangat beresiko jika berada di sekitar sarang lebah pembunuh. Memang kebanyakan orang tak akan pernah berhadapan langsung dengan sarang lebah Afrika, tetapi beberapa kematian diketahui terkait dengan sengatan dari serangan koloni lebah tersebut.

Keturunan lebah Eropa dan Afrika terus saling kawin sebagai “lebah pembunuh”, berpindah ke utara ke Amerika Serikat. negara bagian yang pertama kali dimasuki adalah Texas pada tahun 1990, lalu empat tahun kemudian menyebar ke Barat menuju California. Pada tahun 2005 lebah ini berpindah ke timur di sekitar Gulf Coast, ke Florida. Banyak ilmuwan percaya lebah tersebut akan terus menyebar di bagian selatan Amerika Serikat sampai akhirnya musim dingin di utara menghentikan mereka. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...