Rabu, 12 Januari 2011

Apakah DNA Dinosaurus Telah Ditemukan?


Geoweek, Kompas – DINOSAURUS terakhir punah lebih dari 65 juta tahun lalu. Cerita dan film seperti “Jurassic Park” (1993), dimana DNA dinosaurus digunakan untuk kloning reptil raksasa ini hanyalah cerita khayal belaka. Tetapi, penemuan jaringan lunak dari fosil Tyrannosaurus rex yang sudah 70 juta tahun melahirkan spekulasi baru mengenai DNA dinosaurus.

T-rex digali tahun 2003 di formasi Hell Creek, Montana, salah satu daerah terakhir yang dihuni dinosaurus sebelum punah. Dalam penggalian, para peneliti mematahkan salah satu tulang paha atas dan apa yang mereka temukan membuat mereka terkesima: jaringan lunak dengan pembuluh darah dan sel masih ada. Jaringan lunak ini menunjukan bahwa dinosaurus lebih dari sekedar bongkahan batu dan mengisyaratkan penelitian seperti penelitian terhadap organisme hidup.


Sementara ekstraksi DNA untuk kloning dinosaurus masih jaug dari kenyataan, bagaimana peneliti mempelajari fisiologi dan biokimia dinosaurus mungkin berubah. Protein yang ditemukan di jaringan lunak T-rex bisa membuka jendela ke arah pemahaman yang lebih dalam bagaimana dinosaurus hidup, bertahan, dan akhirnya mati.

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...