Rabu, 15 Desember 2010

Di Mana Mercusuar Eddystone?


Geoweek, Kompas – SELAMA berabad-abad perairan di selatan lepas pantai Inggris mengambil korban kapal-kapal dagang, terutama dekat sekelompok bebatuan yang berjarak 14 mil (22,5 kilometer) di selatan Plymouth. Di sinilah pada tahun 1698 seorang pedagang Inggris bernama Henry Winstanley membangun mercusuar pertama di dunia yang dibangun di atas bebatuan di laut lepas.

Mercusuar Eddystone yang pertama, dibuat dari kayu, begitu compang-camping terkena hantaman badai pada tahun pertama berdirinya, sehingga mendorong Winstanley membangun lagi mercusuar itu, memperkuatnya begitu rupa sehingga dia berani menyebut mercusuar itu akan tahan terhadap badai sekuat apapun. Dia mengatakan akan menaklukkan badai seperti itu, dan dia berada di mercusuarnya ketika badai besar menghantam pada tahun 1703. badai itu mengambil korban jiwa 8.000 orang di Inggris, termasuk Winstanley, yang tertidur di menara mercusuarnya.


Enam tahun kemudian mercusuar Eddystone kedua dibangun oleh pedagang bernama John Rudyerd, dan mercusuar itu berfungsi tanpa masalah selama 46 tahun sampai akhirnya terbakar habis.

Pada tahun 1759 mercusuar berikutnya dibangun, kali ini menggunakan granit. Seorang pembuat instrument dari Yorkshire, John Smeaton, adalah perancangnya, dan mercusuar itu dibongkar dan dipindahkan ke dataran Inggris sebagai monumen karena desain bangunannya.

Dua mercusuar berikut mengikuti dan mercusuar yang sekarang bekerja dengan menggunakan komputer. (NYTNS)

GW1227 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...