Sabtu, 18 Desember 2010

Apakah Elang Kaki Merah Pindah ke Amerika Utara?


Geoweek, Kompas – SETIDAKNYA satu elang telah pindah ke Amerika Utara, bila pengamatan di Martha’s Vineyard, Massachusetts, benar. Dan, sementara itu kelihatannya bukan sebuah berita besar untuk sejumlah orang, bagi pengamat burung hal itu adalah kabar menggemparkan.

Elang kaki merah belum pernah terlihat di belahan barat Bumi dan pastilah bukan di timur laut Amerika Serikat. Seukuran seperti burung bluejay, elang kaki merah ini (Falcovespertinus) berwarna keabu-abuan dengan kaki berwarna kemerahan, dan dilaporkan terlihat di padang rumput di sekitar bandara kecil Pulau Martha’s Vineyard. Menurut para pengamat, burung itu masih muda dan kelihatan masih memiliki tanda-tanda burung muda.


Yang membingunkan para pengamat burung adalah bagaimana elang kaki merah bisa berada di Massachusetts. Burung ini biasanya berkembang biak di Rusia dan sejumlah wilayah di Eropa Timur, dan menghabiskan musim dingin di bagian selatan dan barat Afrika. Sedangkan Martha’s Vineyard berada separuh lingkaran Bumi dan dua tempat itu.

Beberapa elang itu pernah ditemukan hingga di Inggris, Irlandia dan Eslandia, yang memperlihatkan kemungkinan burung ini telah menyusuri Atlantik Utara untuk sampai ke Amerika. Kemungkinan lain adalah burung itu mungkin diterbangkan dari Afrika oleh angin badai atau angin pasat. (NYTNS)

GW1324 Copyright © 2005 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...