Minggu, 05 Desember 2010

Apakah Pohon Mathuselah Bereproduksi?


Geoweek, Kompas – MEREKA menyebut pohon ini Mathuselah karena merupakan pohon tertua yang hingga kini masih hidup, yaitu berumur 4.647 tahun. Pohon ini berada di Pegunungan Putih di California, lokasi tepatnya sangat dirahasiakan. Pohon pinus duri ini masih menggantungkan diri pada kehidupan yang dimulai sejak 2.500 tahun sebelum kelahiran Nabi Isa.

Ini adalah pohon yang paling monggol dibandingkan dengan pohon-pohon lain, terpelintir dan tertekuk oleh tiupan angin kencang yang bertiup melawan barisan punggung bukit, tetapi masih tegak setinggi 55 kaki (16,7 meter). Batangnya yang aneh dan berbentuk lonjong bergaris tengah 4,5 kaki (1,4 meter).


Ilmuwan bertanya-tanya mengapa cemara duri, ada beberapa jenis cemara ini yang berusia lanjut, bisa bertahan hidup begitu lama, terutama di habitat yang kering dan sangat dingin. Para ilmuwan telah memulai dua upaya untuk melindungi dan mungkin juga memahami pohon ini.

Beberapa tahun lalu para ilmuwan menemukan satu buah pinus yang memiliki 96 biji, yang masing-masing tumbuh menjadi kecambah ketika disemai di tanah segar. Salah satu anakan pinus itu kini menjadi koleksi khusus Kebun Raya Washington, AS.

Ilmuwan sebelumnya kurang berhasil di dalam upaya mengklon sel-sel yang diambil dari beberapa sisa jaringan hidup pohon itu, tetapi upaya melakukan klon terus dilakukan. (NYTNS)

GW1202 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...