Senin, 06 Desember 2010

Apakah “The Lords of the Rings” Berdasarkan Mitologi Finlandia?


Geoweek, Kompas – SEMUA kisah-kisah besar saling berhubungan dalam satu dan lain hal. Para hero, penaklukan besar, dan musuh yang jahat mewarnai semua kisah sejarah. Jadi, tidak terlalu mengherankan bila salah seorang pencerita besar dunia modern, JRR Tolkien, mengambil inspirasi untuk karangannya The Lords of the Rings dari bahasa-bahasa dan mitologi kuno.

Tolkien menemukan di perpustakaan Universitas Oxford sebuah hikayat Finlandia, Kalevala, yang memesona Tolkien melalui bahasa dan kedalaman cerita. Dia kemudian menulis bahwa bahasa para peri yang dia ciptakan di bukunya diturunkan dari bahasa Finlandia.

Kalavela adalah sebuah koleksi lagu-lagu dan puisi Finlandia yang disebut sebagai rune. Selama berabad-abad para penyanyi rune mendapat tempat terhormat di dalam budaya Finlandia, karena mereka menyampaikan sejarah lisan dan bahasa masyarakat mereka. Saat ini tinggal satu orang penyanyi rune, tetapi semua pengetahuannya tidak akan hilang bila Jussi Houvines meninggal dunia. sebuah verai tulisan dari Kalavela telah diselamatkan telah diselamatkan dan sekarang dianggap sebagai warisan Finlandia. (NYTNS)

GW1129 Copyright © 2003 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...