Sabtu, 11 Desember 2010

Apakah Penyebab Kabut Asap Besar di London?


Geoweek, Kompas – MESKIPUN terkenal dengan kabutnya, tetapi apa yang menyerang Kota London selama lima hari pada tahun 1952 adalah sesuatu yang menyesakkan nafas secara fisik. Pada akhir episode, ibu kota Inggris Raya itu ditutup hampir total dan do’a hampir seluruh warganya adalah agar cuaca segera berubah.

Para ahli klimatologi kemudian memutuskan bahwa kombinasi antara kawasan bertekanan tinggi yang menetap dan suhu udara yang tingkat dinginnya melebihi keadaan biasa telah membentuk sebuah formula untuk pembentukan kabut di seluruh kota. Tetapi, faktor-faktor akibat perbuatan manusia juga ikut menambah keadaan itu sehingga menyebabkan situasi yang bisa mematikan.


Pada saat itu kebanyakan penduduk London masih menggunakan batu bara untuk menghangatkan rumah mereka dan Pemerintah Inggris mengekspor batu bara yang berkadar sulfur rendah sehingga menyebabkan penduduk Inggris membakar batu bara yang lebih kotor dan berkadar sulfur tinggi. Asap dari batu bara ini terperangkap dalam kabut sehingga gas yang mengandung sulfur itu bereaksi dengan kabut membentuk asam sulfat. Kota tersebut juga baru saja mengubah sistem transportasi publiknya dari kereta listrik trem ke bus berbahan bakar minyak disel, dengan demikian gas buangan bus umum itu juga diperangkap oleh kabut.

Mereka yang selamat mengatakan bahwa kabut bercampur asap (smog) itu begitu  tebal sehingga orang dewasa tidak bisa melihat tanah. Mobil yang berjalan dihentikan, begitu juga kereta api dan pesawat udara. Bioskop ditutup ketika para penonton tidak bisa menyaksikan film yang sedang diputar karena kabut begitu tebal.

Ketika udara akhirnya menjadi bersih, kabut asap itu mengakibatkan 4.000 orang meninggal dan 8.000 orang lagi meninggal beberapa minggu kemudian. (NYTNS)

GW1206 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...