Jumat, 31 Desember 2010

Apa yang Baru tentang Cymru?


Geoweek, Kompas – JIKA nama “Cymru” membingunkan Anda, hal ini bisa di mengerti. Cymru, di bagian sebelah barat Inggris Raya. Cymru juga nama bahasa asli kawasan itu. Sebuah bahasa kuno yang kedengarannya mengelompokkan konsonan-konsonan ke dalam cara yang sangat membingungkan, setidaknya untuk orang yang biasanya menggunkan bahasa Inggris.

Namun, bahasa itu, bersama-sama dengan kawasannya sedang kembali populer. Setidaknya satu dari lima orang yang tinggal di Wales bisa berbicara Cymru, salah satu bahasa tulis tertua di Eropa, berkat dukungan dari pemerintah daerah dan meningkatnya minta di kalangan anak muda untuk mengembangkan budaya mereka.


Yang mengejutkan, komunitas yang berbicara bahasa asli Cymru terbesar berikutnya berada sejauh setengah bola Bumi, yaitu di Propinsi Chubub di Pataginia, Argentina. Hampir satu setengah abad lalu, 153 orang Wales meninggalkan pertambangan-pertambangan batu bara dengan impian menemukan sebuah koloni Wales di Amerika Selatan. Lebih dari 25.000 orang keturunan mereka sekarang tinggal di Pataginia, kebanyakan menggunkan bahasa Cymru selancar menggunkan bahasa Spanyol.

Wales menjadi bagian England pada tahun 1536. saat ini, dengan jumlah penduduk 2,7 juta orang, kawasan ini meliputi kawasan seluas 8.015 mil persegi (20.760 km persegi). (NYTNS/nmp)

GW936 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...