Jumat, 31 Desember 2010

Pernakah Laut Tengah Mengering?


Geoweek, Kompas – SELAMA ratusan ribu tahun, bentangan luas berair yang kita sebut sekarang sebagai Laut Tengah dulunya pernah berupa padang pasirluas yang berada di dataran yang lebih rendah dibandingkan daerah sekitarnya. Kawasan ini membentang di antara bagian utara Afrika dan bagian selatan Eropa.

Ahli geologi sependapat bahwa sesuatu yang monumental pasti telah terjadi yang menutup pintu sempit yang memisahkan bagian utara Maroko dan bagian selatan Spanyol, menghalangi air dari Samudra Atlantik yang menjadi sumber bagi Laut Tengah. Gagasan tentang tertutupnya pintu itu bukan baru karena pertama kali dilontarkan tahun 1970-an dan saat itu menjadi bulan-bulanan, tetapi bukti-bukti yang ada belakangan ini lebih meyakinkan.


Ilmuwan kembali hingga ke masa 5,96 juta tahun lalu ketika aliran dari Samudra Atlantik hilang. Selama 630.000 tahun berikutnya, laut itu mengering, meninggalkan kerak garam dalam jumlah besar. Kemudian portal itu membuka kembali membentuk air terjun yang amat dasyat yang menyambungkan Atlantik dengan Laut Tengah. Para peneliti yakin bahwa paling tidak perlu waktu satu abad untuk mengisi ulang laut tersebut.

Yang sampai sekarang belum jelas adalah apa yang menyebabkan jalur sempit antara bagian utara Maroko dan bagian selatan Spanyol itu tertutup. Beberapa ahli menduga pembentukan es dalam jumlah sangat besar menyebabkan air laut menyusut begitu rupa sehingga permukaan air laut turun dan aliran air ke padang pasir Mediterania terhenti. Sementara para ahli yang lain berpendapat bahwa penyebab kejadian itu adalah gempa tektonik yang menyebabkan naiknya dasar laut di dekat selat Gibraltar.

Apa pun pendadapat para ahli tersebut, sekali bendungan alam jebol, hasilnya adalah curahan air yang besarnya ribuan kali Air Terjun Niagara di Amerika Serikat, salah satu air terjun terbesar di dunia saat ini. (NYTNS)

GW1245 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate



Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...