Senin, 08 November 2010

Di Manakah Singa-singa Asia Berada?


Geoweek, Kompas – SUATU saat India pernah dipenuhi oleh makhluk yang agagah ini. Sekarang, di sana hanya ada kurang dari 300 singa Asia, kebanyakan dilindungi di Taman Nasional Hutan Gir, sebuah kawasan lindung seluas 560 mil peresgi (1.450 km persegi) di bagian barat-tengah India. Mereka telah ditetapkan sebagai kucing yang paling terancam punah di dunia.

Lebih kecil dari saudara mereka di Afrika, singa Asia (Panthera leopersica) memiliki bulu lebih lebat. Singa jantannya memiliki bulu tengkuk lebih pendek dibandingkan saudara Afrika-nya, dan lipatan kulit yang besar yang tidak dimiliki oleh spesies lain.

Meskipun jumlah mereka terus merosot selama berabad-abad karena manusia masuk ke habitat alamiah mereka, anacama terbesar kelangsungan hidup singa ini sekarang adalah masalah genetis. Terputus dari kerabat terdekat akibat isolasi yang mereka alami, keragaman gen singa Asia telah menyusut. Sebagai akibatnya, setiap singa adalah kembaran gen dari singa lainnya, dan ilmuwan mengkhawatirkan populasi hewan dengan genetik yang sama itu berada di dalam risiko amat besar terkena penyakit dan kepunahan.

Kenyataan bahwa masih ada singa-singa yang tersisa ini bisa diacak sampai ke sorang pangeran India seabad lalu yang cemas ia akan kehabisan singa untuk diburu, dan karenanya ia menetapkan singa-singa itu sebagai jenis yang dilindungi di kawasan tersebut. (NYTNS/nmp)

GW938 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...