Kamis, 25 November 2010

Di Mana Letak Kota Bawah Laut?


Geoweek, Kompas – MESKIPUN sekarang mereka berada di bawah Laut Utara, daratan yang terletak di antara Inggris Raya dan daratan Eropa saat ini membentuk jembatan yang menyatukan kawasan-kawasan tersebut pada masa abad es lalu. Desa-desa kecil dan permukiman pasti menghiasi kawasan itu yang sekarang telah menjadi laut terbuka. Teknologi modern di dalam bentu rekonstruksi komputer dan arkeolog bawah laut, menawarkan gambar yang lebih jelas mengenai seperti apa kehidupan ketika bagian Bumi ini mulai mencair.

Sebuah tim penyelam dari Submerged Prehistoric Landscape Project di University of Newcastle Upon Tyne telah menemukan lokasi-lokasi yang setidaknya merupakan permukiman kuno. Salah satunya berasal dari masa Mesolitik akhir (8.500-5.000 tahun lalu) dan yang satunya lagi berasal dari era Mesolitik awal (10.000-8.500 tahun lalu). Kedua lokasi itu mengalami banjir ketika permukiman air laut naik setelah abad es.


Tim peneliti yang berbeda dari Universitas Birmingham menggunakan data yang awalnya dikumpulkan para insinyur yang mencari data timbunan minyak bumi bawah laut untuk mengkonstruksi gambar-gambar tiga dimensi mengenai bagaimana kemungkinan tampang desa-desa Mesolitik.

Para peneliti berharap bahwa survei baru ini akan menunjukkan mereka ke tempat di mana kemungkinan terdapat lokasi-lokasi erkeologis tetapi sekarang tenggelam jauh di dasar laut. (NYTNS)

GW1224 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...