Senin, 22 November 2010

Apakah Kudzu Menjadi Impian Wirausahawan?


Geoweek, Kompas – KUDZU, sejenis tanaman merambat yang tumbuh cepat, telah menjadi bagian dalam adat dan pengetahuan lokal di selatan Amerika Serikat. Tanaman bersifat invasif ini, merupakan tumbuhan asli dari China, dengan cepat memantapkan posisi mereka setelah diperkenalkan ke Amerika Serikat oleh para peserta pameran asal Jepang dalam Pameran 100 Tahun Philadelphia pada 1876.

Pada tahun-tahun masa depresi, Departemen Pertanian mempromosikan penanaman kudzu kepada petani untuk mengurangi erosi tanah. Nemun, dengan cepat petani dan pejabat pertanian bahwa kudzu mengalahkan dan membunuh tanaman lain dengan sulur dan daun mereka yang besar.

Kudzu dapat tumbuh di tanah yang sangat bervariasi dan merambat pada apa saja, pohon, pagar, tanda-tanda lalu lintas, tiang-tiang di ruang publik, bahkan mobil dan bangunan kosong. Pada tahun 1953 Departemen Pertanian AS memasukkan tanaman ini sebagau gulma, tetapi sudah terlambat. Invasi kudzu tidak dapat dihentikan.

Kini para wirausahawan mencoba untuk mengambil manfaat ekonomis dari dominasi kudzu dengan membuat bermacam produk darinya. Keranjang yang dianyam dari batang tumbuhan merambat, kartu dan poster dari kertas berbahan kudzu, roti, jeli, sabun dan pakan hewan kini mulai dipasarkan. Harvard Medical School sedang mencari kemungkinan pengobatan kecanduan alkohol dengan bahan-bahan yang diambil dari kudzu.

Kudzu mampu tumbuh sepanjang 12 inci (30 sentimeter) per hari dan panjangnya dapat mencapai lebih dari 60 kai (18 meter) dalam satu musim pertumbuhan. Luas tanaman ini meliputi lebih dari 7 juta acre (2,8 juta hektar) di bagian selatan AS. Mereka tahan terhadap berbagai jenis herbisida, beberapa di antaranya bahkan membuat kudzu tumbuh lebih baik, dan perlu waktu 10 tahun untuk herbisida membunuh satu tanaman tunggal. (NYTNS)

Copyright © 2006 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...