Senin, 01 November 2010

Apa yang Terjadi di Kitty Hawk?


Geoweek, Kompas – KEBANYAKAN orang bahwa penerbangan pertama yang berhasil dengan menggunakan mesin yang lebih berat dari udara pada tahun 1903 terjadi di Kitty Hawk, North Carolina. Telegram yang mengabarkan tentang penerbangan pertama yang sangat terkenal itu dikirim dari kota kecil, terpencil di negara bagian yang terbatas dengan pantai Atlantik itu dan kota itu selalu dihubungkan dengan peristiwa tersebut.

Tetapi faktanya penernbagna pertama berlangsung di Kill Devil Hills, pertengahan antara sekarang adalah kota Kitty Hawk dan Nags Head.

Orvilie dan Wilbur Wright telah meninggalkan Dayton, Ohio, untuk menghabiskan tiga musim panas terakhir di bagian North Carolina itu, mengambil manfaat dari angin laut yang selalu konstan untuk menguji layang-layang dan kemudian pesawat layang mereka.

Pada pertengahan Desember tahun ini, mereka telah menambahkan mesin berkekuatan 12 tenaga kuda berbahan bakar dengan baling-baling ganda pada pesawat bersayap ganda mereka. Sayap-sayap dengan panjang 12 meter itu ditutup dengan kain muslin, kain yang biasanya dipakai untuk pakaian dalam permpuan pada saat itu. Pilotnya harus berbaring melintang pada sayap bagian bawah, menggunakan tuas manual untuk mengontrol arah pesawat.

Di tengah pagi tanggal 17 Desember, Orville memenangi undi koin untuk memberinya kesempatan untuk membuat penerbangan pertama, perjalanan 12 detik sepanjang 36,5 meter dan menjadi catatan sejarah. (NYTS/nmp)

GW912 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate

Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...