Minggu, 31 Oktober 2010

Di Mana Anda Dapat Menemui “Jalan Musa”?


Geoweek, Kompas – SATU puncak diantara banyak tanjung-tanjung kosong di sepanjang Semenanjung Sinai muncul mencolok dibandingkan yan lain-lain: Gunung Sinai, gunung yang disebut sebagai tempat Tuhan berbicara kepada Musa.

Musa memiliki sejarah unik di dalam Yudaisme, Kekristenan, dan Islam. Dia disebut oleh ketiga agama itu, seperti juga oleh Pentateuch atau buku-buku Musa, buku pertama dari lima buku Perjanjian Lama, yang secara tradisional dianggap berasal dari Musa.

Tangga yang terdiri dari hampir 4.000 anak tangga yang berkelok ke puncak Gunung Sinai disebut Sikket Saydna Musa atau Jalan Musa. Tangga itu berawal dari belakang St Catherine’s, biara Ortodoks dari abad keenam di kaki Sinai, lalu berkelok melalui jalan yang ditandai oleh kapel-kapel tua, tanda peringatan, dan lengkungan dari batu, lalu ke puncaknya di mana terdapat kapel kecil dan masjid yang menandai akhir jalan itu.

Lokasi itu telah menarik ribuan peziarah selama ratusan tahun. Mereka mendaki selama tiga jam menuju puncak setinggi 7.495 kaki (2.285 meter).

Copyright © 2007 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...