Jumat, 01 Oktober 2010

Dimanakah Anda Bisa Menemukan Burung-burung yang Hidup di Tepian?


Geoweek, Kompas – BUKIT karang di pantai Newfoundland adalah suatu tempat di antaranya, meskipun banyak tempat berbatu lainya di seluruh dunia juga menjadi tempat mereka bertengger. Di bukit berbatu itulah burung-burung laut membuat klaim atas celah atau lubang di bukit batu tersebut sebagai tempat membesarkan anak-anak mereka. Anak-anak burung itu pastilah bebas vertigo karena bukit batu itu bisa menjulang sampai setinggi beberapa ratus kaki (100 meter atau lebih) dan sarang mereka hanya berada beberapa inci (beberapa sentimeter) dari tepi bukit.

Burung kittiwake memulai hidupnya di tepi bukit seperti itu. Begitu juga paruh silet, puffin, murre, dan camar hering. Guillemot juga bersarang di bukit-bukit batu itu, meskipun biasanya pada bagian dasar bukit. Sarang yang terletak pada ketinggian itu memiliki beberapa keuntungan. Mereka tidak pernah diserang mamalia, dan dengan bukit berada di belakang mereka, burung-burung itu bisa mengusir penyerang seperti elang dan burung gagak.


Tempat bertengger mereka yang berada pada ketinggian juga memberi pandangan yang luas ke arah laut di bagian bawah. Nila seekor burung melihat ada sekawanan ikan melintas dan terbang ke arah itu, ratusan burung lainnya mungkin akan mengikuti, membawa makanan untuk anak-anak mereka di sarang di bukit batu.

Akhirnya anak-anak burung muda itu harus menguji kemampuan sayap mereka. Percobaan terbang pertama biasanya diikuti dengan jatuhnya anak burung ke lair, kadang dengan ditemani induk mereka, yang begitu si anak menyentuh air, akan tinggal bersama mereka selama beberapa minggu untuk mengajari burung muda itu bertahan hidup. (NYTS/nmp)

GW911 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...