Kamis, 30 September 2010

Apa yang Membantu Kura-kura Laut?


Geoweek, Kompas – RAHASIA tentang hal itu kemungkinan berada di bagian kepala, berdasarkan hasil penelitian terbaru. Setiap tahun gerombolan tukik kura-kura hijau (Chelonia mydas) dan kura-kura longgerhead (Caretta caretta) berjuang melalui pasir basah di sepanjang tepian pantai timur Amerika menuju ke laut ke arah timur.

Perjalanan tersebut pertama-tama melintasi Samudra Atlantik dan kemudian, sebagai kura-kura dewasa, kembali ke pantai Amerika, menempuh perjalanan sejauh 8.000 mil (12.875 kilometer). Kura-kura itu selalu berada dalam kawasan melingkar dan hangat yang disebut sebagai Lingkaran Arus Hangat Atlantik Utara. Keluar dari lingkaran itu dam masuk ke dalam lingkungan air dingin di sebelah kawasan tersebut akan berakibat fatal untuk reptilia tersebut.

Para peneliti berhipotesa bahwa kura-kura menggunakan medan magnet Bumi sebagai peta perjalanan menakjubkan mereka dan menduga partikel-partikel amat kecil di sel-sel otak bertindak sebgai pengontrol. Tetapi, karena kura-kura laut adalah makhluk yang dilindungi pembedahan untuk membuktikan tesis itu bukanlah pilihan.

Sebagai gantinya, para ilmuwan membuat sebuah bak besar berisi air laut yang dikelilingi medan magnet yang bisa berubah menurut kebutuhan. Mereka memasukkan tukik-tukik ke dalam bak itu, masing-masing “baju” kain dihubungkan dengan program penjejakan terkomputerisasi. Ketika peneliti mengubah arah berenang mereka, seperti yang akan mereka lakukan ketika berenang ke bagian-bagian berbeda di samudra. Teori mengenai adanya magnet tampaknya telah terbukti. (NYTNS)

GW1233 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...