Minggu, 03 Oktober 2010

Apakah Stonehenge Bagian dari Kompleks yang Lebih Besar?


Geoweek, Kompas - ARKEOLOG yang menjelajahi bagian-bagian Situs Warisan Dunia Stonehenge, 100 mil (160 km) selatan London, menggali reruntuhan perkampungan Neolitik berusia 4.600 tahun, situs terbesar yang pernah ditemukan di Inggris Raya.

Situs tersebut, dikenal dengan Durrington Walls, kira-kira berada 2 mil (3,2 km) dari Stonehenge dan mungkin merupakan rumah para pekerja yang membangun monolit terkenal tersebut. Para peneliti berspekulasi bahwa Durrington Walls dan Stonehenge, keduanya berasal dari 2.600 SM membentuk sebuah kompleks yang lebih luas.


Durrington Walls mungkin versi kayu dari Stonehenge bila dilihat adanya cincin-cincin selokan yang terbentuk secara konsentris, onggokan tanah, dan pos-pos kayu di lokasi itu. Juga berhasil digali sisa-sisa delapan rumah kecil berbentuk persegi, terbentuk dari tenunan cabang pohon yang dibungkus lumpur, dan jalan berbatu menuju Sungai Avon mirip dengan jalan berbatu yang terdapat di Stonehenge.

Para peneliti secara umum setuju bahwa Stonehenge adalah pusat sekte kuno yang memuja Matahari. Penemuan baru di Durrington Walls, bersama sifat misterius monolit Stonehenge, mungkin membangkitkan putaran baru terkaan-terkaan. (NYTNS).


Copyright © 2007 The New York Times Syndicate
Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...