Jumat, 08 Oktober 2010

Di Mana Ibu Kota Udang Karang di Dunia?


Geoweek, Kompas – AMERIKA Serikat memiliki keistimewaan ini. Lebih 330 spesies udang karang hidup di sungai, danau dan kolam di negara tersebut. Di negara bagian Tennessee saja, terdapat sedikitnya 77 spesies yang berbeda. Begitu pula Lousiana dan Kentucky yang termasuk wilayah penting hewan ini. Jumlah mereka di situ mewakili tiga perempat jumlah makhluk bersisik keras ini di seluruh dunia, yang kebanyakan sudah terkenal oleh pencicip makanan sebagai makanan yang sangat lezat.

Udang karang, seperti sepupuhnya “arthropoda” yang lebih besar, yakni lobster, memiliki empat pasang kaki dan sepasang capit di depan thorax mereka. Selain itu, memiliki dua pasang antena dan dua set mata dengan batang penyangga yang menghiasi kepala setiap udang karang.

Semua spesies mencari makanan dengan mengais sehingga sering merusak dasar sungai. Mereka juga memburu serangga kecil, cacing, berudu atau pokonya apapun yang kecil dari mereka dan berada di dekatnya.

Berbeda dengan AS yang berlebih dengan spesies udang, Eropa sebaliknya. Hanya 15 jenis udang karang bisa ditemukan di benua itu, sementara di Afrika atau Antartika tidak ada sama sekali. Menurut laporan terbaru Konservasi Alam, lebih dari separuh udang karang dipandang rawan hidupnya, juag terancam kepunahan. (NYTNS/boy)

GW939 Copyright © 2001 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...