Jumat, 29 Oktober 2010

Apakah Ikan Kepala Ular Menginvasi Maryland?


Geoweek, Kompas – MUNGKIN kata “menginvasi” terlalu keras, tetapi ikan aneh ini memang telah mengambil tempat hudup di negara bagian Amerika Serikat itu.

Kepala ular utara, begitu dia di juluki, diberi label sebagai ancaman serius terhadap lebih dari 30 negara bagian Amerika Serikat. merupakan ikan asli dari Afrika dan Asia, ikan dari keluarga Channidae yang juga terdapat di perairan air tawar Indonesia ini memakan hampir apa saja, bahkan bisa “bernapas” di udara, ikan umumnya bernapas di dalam air, dan “berjalan” dari satu kolam ke kolam lain bila diperlukan.

Ciri terakhirnya itulah yang membuat para pakar mengenai ikan dan kehidupan liar khawatir. Pada tahun 2002 pejabat resmi untuk pengawasan kehidupan liar menempatkan bahwa sebuah kolam besar di Maryland berisi untuk pertama kalinya di dalam cetatan resmi mereka, ikan kepala ular liar. Para pejabat itu khawatir bahwa ikan tersebut mungkin melakukan perjalanan pendek sejauh 75 yard (68 meter) menuju Sungai Patuxent dan memulai sebuah pengambilalihan habitat perairan negara bagian.

Pakar kehidupan liar meracuni perairan kolam dan kemudian menyurvei ikan-ikan mati yang mengambang. Meskipun populasi ikan tersebut berawal dua tahun lalu dari sepasang ikan yang dimasukkan ke kolam tersebut oleh seorang penduduk setempat, tetapi jumlah ikan yang mati karena racun mencapai 800 ekor.

Kejadian itu menimbulkan kekhawatiran sehingga pejabat federal dan negara bagian sekarang mengajukan proposal untuk menjatuhkan denda dalam jumlah besar serta hukuman penjara untuk setiap orang yang melepaskan ikan tersebut ke perairan umum negara bagian tersebut. Meskipun demikian, baru-baru ini sembilan ekor kepala ular ditemukan di Sungai Potoma. (NYTNS)

GW1234 Copyright © 2004 The New York Times Syndicate


Sumber artikel dan gambar : Harian Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Para Sahabat Aku Sang kejora ;
Silahkan berikan komentar sebagai kenangan bahwa Anda pernah berkunjung di sini. Komentar juga berguna sebagai motivasi dan koreksi jika ada kesalahan dalam pembuatan posting di blog saya yang sederhana ini.
Terima kasih.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...